Apa Perbedaan Asam Lambung dan Sakit Maag?

Hasil gambar untuk sakit maag
Image: Kompas.com

Pernah merasakan perut tidak enak, seakan menggelembung di dalam perut dan mendesak seperti gas atau sendawa?  Bila sudah mengeluarkan gas rasanya perut sudah terasa lega. Ini merupakan gejala kadar asam sedang meningkat.

Pernah juga  merasakan sakit pada perut bagian kiri, terasa perih seperti diremas-remas di tusuk-tusuk dan di gigit-gigit?  Bisa jadi itu gejala dari  sakit maag.

Sering kali kita mengartikan jika terjadi gangguan pencernaan berarti sakit maag. Dan selama ini berkembang stigma  maag adalah asam lambung. Dan asam lambung adalah maag. Sebenarnya itu adalah dua hal yang berbeda.

Apa yang membedakan sakit maag dan asam lambung, mari kita simak uraian berikut ini:

 ASAM LAMBUNG

Hasil gambar untuk asam lambung

Asam lambung adalah cairan dalam saluran pencernaan yang dihasilkan di dalam lambung. Asam lambung terdiri dari HCl (Asam Clorida) dan KCl (Kalium  Clorida) dan NaCl ( Natrium Clorida).

Kadar asam di dalam lambung Ph nya sekitar 1,5- 3,5.  Asam tersebut berfungsi untuk mencerna protein dan mengaktivasi protein dan enzim-enzim pencernaan yang terdapat di dalam lambung.

Lambung dikatakan sehat apabila tidak mengalami iritasi, artinya cairan lambung mengandung mukus yang merupakan faktor perlindungan terhadap lambung.

Sedangkan lambung yang tidak sehat adalah lambung yang mengalami iritasi atau peradangan sehingga terasa sakit saat mencerna makanan.

PENYAKIT ASAM LAMBUNG

Hasil gambar untuk asam lambung
Image: Hello Sehat

Ketika asam lambung diproduksi berlebihan, cairan lambung bisa mengalami refluks atau naiknya cairan asam ke kerongkongan. Kondisi ini lebih dikenal dengan istilah “asam lambung naik” sedangkan dalam istilah medisnya di sebut GERD (Gastro esophageal reflux disease )

Penyebab utama asam lambung adalah tingginya kadar asam lambung karena disebabkan  oleh beberapa faktor misalnya stres, gaya hidup yang tidak sehat, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, naiknya berat badan  secara drastis dan kehamilan dalam kondisi medis tertentu

Gejala asam lambung ditandai dengan rasa perih yang hebat pada lambung disertai rasa mual dan muntah kering. Menyebabkan tenggorokan terasa kering dan mulut terasa perih dan panas

Gejala lain adalah munculnya sensasi panas seperti terbakar (heartburn). Kadang nyeri ini terasa seperti tekanan pada dada mirip dengan nyeri jantung (serangan jantung).

Kadang  ditandai  dengan sulit menelan, sering sendawa, batuk kronis dan radang tenggorokan juga merupakan gejala dari penyakit asam lambung.

PENYAKIT MAAG

Hasil gambar untuk maag
Image: Portal Gallery

Penyakit maag dan Asam lambung penyebabnya sama yaitu meningkatnya kadar asam dalam lambung. Maag lebih dikenal dengan Gastritis (radang lambung) yaitu suatu kondisi dimana lapisan lambung yang sedang mengalami peradangan, iritasi atau pengikisan.

Penyakit maag disebabkan oleh iritasi atau peradangan yang terjadi pada permukaan lambung (tukak lambung). Infeksi bakteri helicobacter pylory juga bisa menimbulkan sakit maag.

Bisa juga  karena pengaruh efek samping seringnya mengkonsumsi obat inflamasi nonsteroid (OAINS) dan stres adalah pemicu paling utama.

Penyakit maag  juga  bisa ditimbulkan karena adanya luka pada lambung atau usus, radang pankreas (pankreatitis), otot lambung tidak bekerja semestinya ( gastroparesis), intoleransi makanan, penyakit tiroid dan irritable syndrome.

Gejala umum dari penyakit maag hampir sama dengan asam lambung. Biasanya ditandai dengan perut kembung, bersendawa, mual pada saat makan, muntah asam, perut terasa panas terbakar, perih saat mengkonsumsi makanan dan perut terasa penuh.

Gejala lain bisa ditandai dengan mual dan muntah secara terus menerus, tinja berwarna gelap atau mengandung darah, muntah darah, nyeri perut sangat berat, sulit bernafas dan anemia. Gejala ini sudah pada tahap berbahaya dan perlu segera ditangani  secara medis.

Baca juga:12 Hal Utama Penyebab Sakit Perut dan Cara Mengatasinya

PENCEGAHAN ASAM LAMBUNG DAN MAAG

Karena penyebab utamanya adalah asam lambung penyakit maag dan asam lambung bisa dicegah dengan cara:

1. Kelola Stres  Dengan Baik

Stres adalah pemicu utama naiknya asam lambung, dengan naiknya asam lambung bisa terjadi iritasi lambung dan bisa menyebabkan peradangan pada permukaan lambung  atau lebih dikenal tukak lambung.

2. Makan Dengan Teratur

Makanlah dengan teratur  dan tepat waktu. Karena lambung akan memproduksi asam lambung pada saat yang sama sesuai jadwal makan kita. Jika kita tidak makan pada waktu yang sama maka lambung akan kosong bisa berakibat iritasi lambung.

3. Menjaga Pola Makan

Hindari makanan yang berlemak dan  mengandung asam. Tidak mengkonsumsi kafein (kopi atau teh),  jangan  minum minuman yang  mengandung soda dan alkohol

4. Berhenti Merokok

Merokok bisa memicu perut menghasilkan asam lambung lebih banyak. Jadi secara tidak langsung asam lambung berpeluang untuk naik ke kerongkongan. Akibatnya semakin memperbesar kemungkinan  GERD. Selain itu merokok bisa mempengaruhi kerja otot pada esofagus yang berperan menghubungkan makanan ke kerongkongan.

5. Selalu Berdoa dan berfikiran positif.

Tawakkal, bersyukur dan selalu berfikiran positif adalah kunci sehat. Berfikir positif menjadikan hidup lebih rileks dan terbebas dari stres. Sebagai penyebab utama sakit maag atau asam lambung.

CARA  MENGATASI PENYAKIT MAAG DAN ASAM LAMBUNG

Ketika Asam lambung atau sakit maag  kambuh secara tiba-tiba  kita bisa mengatasinya dengan beberapa cara  berikut:

  1. Usahakan dalam kondisi rileks, hindari berbaring karena dengan tidur asam lambung akan naik. Hindari stres karena akan memicu nyeri ulu hati dan meningkatkan kadar sakitnya.
  2. Minum air putih hangat yang banyak tapi secara perlahan
  3. Kunyah permen karet, karena permen karet memicu mulut mengeluarkan banyak air liur membantu menurunkan asam lambung.
  4. Banyak mengkonsumsi buah yang bersifat adem atau dingin misalnya pisang, papaya, bengkuang dan pokat. Dan makanlah makanan lunak seperti oatmeal, bubur dan sejenisnya.
  5. Mengkonsumsi obat maag atau penurun asam lambung. Sebaiknya dengan resep dokter dan selalu dibawah pengawasan medis.

 

 

3 comments

  1. roezd9

    nice share sangat bermanfaat sekali untuk saya yg mempunyai sakit maag tapi alergi obat
    trimakasih admin & salam kenal

    1. Ucy Ibrahim

      sama-sama salam kenal juga, mudah-mudahan bermanfaat dan kita sehat selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *