Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasi Asam Urat Tanpa Harus Minum Obat

Makanan untuk Asam Urat yang Perlu Kamu Ketahui, Apa Saja Ya?

Asam urat termasuk penyakit populer dalam masyarakat karena diderita hampir semua lapisan masarakat. Penyakit asam urat tidak hanya menyerang orang lanjut usia, tapi sudah sudah menyerang orang muda juga.

Selain minum obat asam urat bisa diatasi dengan cara menjaga pola makan. Misalnya diet makanan pemicu asam urat atau rutin mengkonsumsi makanan penurun asam urat untuk membantu meredakan keluhan.

Meskipun tidak menjamin kesembuhan, tapi setidaknya mampu menurunkan resiko kambuhnya gejala nyeri dan peradangan.

 Ada beberapa jenis makanan yang sangat sering kita jumpai dalam keseharian kita sangat ampuh mengatasi asam urat diantaranya:

  1. Air Putih
Tips Konsumsi Air Putih yang Benar Selama Puasa
Image:Tagar.id

Air putih kaya akan manfaat karena mampu melarutkan berbagai macam racun di dalam tubuh.

Bagi  Anda penderita asam urat  sangat disaran untuk selalu mengkonsumsi air putih, supaya asam yang berlebih di dalam darah bisa terbuang bersama urin.

Minumlah air putih minimal 8-9 gelas air setiap hari. Air putih lebih bagus jika dikonsumsi dalam kondisi hangat setiap pagi ketika perut dalam keadaan kosong.

2. Sayuran ( tomat, timun dan brokoli)

Benarkah Penderita Asam Urat Harus Pantang Sayuran Hijau?
Image: Klikdokter

Penderita asam urat umumnya tidak mengkonsumsi sayur terutama yang mengandung purin khawatir semakin memperparah kondisinya.

Tapi ada beberapa sayur yang bisa mencegah asam urat yaitu: tomat, timun dan brokoli.

Ketiga sayur tersebut bersifat basa bisa membantu menjaga dan mengontrol kadar asam di dalam aliran darah.

 Bagi penderita asam urat seringlah mengkonsumsi tomat, timun dan brokoli sebelum makan, karena sangat bagus mencegah pembentukan asam urat di dalam darah.

3. Pisang

Bayi Dua Bulan Tewas Gara-gara Dikasih Makan Pisang
Image: Viva

Pisang dianggap buah yang kaya akan mineral, potassium, antioksidan dan vitamin C. Komponen  yang terdapat di dalam pisang bisa membantu tubuh menurunkan kadar asam urat di dalam darah jika dikonsumsi secara rutin.

4. Jahe

Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Jahe untuk Ibu Hamil
Image: Jove.id

Jahe salah satu tanaman herbal yang sangat ampuh mengatasi peradangan. Jahe dipercaya mampu mengatasi asam urat dalam darah.

Bagi Anda yang mengalami hiperurisemia sangat disarankan mengkonsumsi air jahe sebanyak tiga gelas sehari guna mengatasi kadar asam urat di dalam tubuh.

 Jahe bisa juga digunakan secara topikal yaitu dengan cara mengompres bagian tubuh yang mengalami radang asam urat selama 15-30 menit dengan air jahe.

5. Jeruk Nipis

10 Cara Menghilangkan Bau Badan Dalam 10 Menit - Cintai Hidup
Image: Cintai Hidup

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi, mampu menekan kadar asam urat tinggi karena mengandung asam sitrat.

Jeruk nipis bisa ditambahkan ke dalam makanan sehari-hari atau diperas ke dalam air dan diminum setiap hari.

6. Teh Hijau

6 Aturan Minum Teh Hijau
BeritaSatu.com

Teh hijau memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu tubuh dalam mengendalikan hiperurisemia atau kadar urat yang tinggi.

Kandungan oksidasi dalam teh hijau yang tinggi sangat berguna untuk membantu proses pengeluaran racun  atau zat berbahaya dari dalam tubuh.

7. Apel

8 Makanan Ini Ternyata Baik Bagi Penderita Asam Urat Lho, Sudah Tahu? - IDN  Times – Masasih.id
Image:Masasih.id

Apel salah satu buah penurun asam urat dalam aliran darah. Apel diketahui mengandung asam maleat yang dapat menetralkan asam urat dalam darah.

Bagi Anda penderita asam urat disarankan supaya mengkonsumsi apel secara rutin karena mampu menetralkan asam urat dan membantu mencegah peradangan dan nyeri.

8. Makanan Berserat

Biar Jantung Tetap Sehat, Makanan yang Baik untuk Penyakit Jantung
Image: Kunci Berita

Mengkonsumsi makanan berserat secara rutin mampu menurunkan kadar asam urat di dalam darah.

Asupan serat di dalam makanan mampu menyerap asam urat dari aliran darah dan membantu menghilangkan kadar asam urat berlebih dari dalam tubuh melalui ginjal.

Bagi Anda penderita asam urat perbanyaklah mengkonsumsi makanan berserat berupa gandum, apel, jeruk, brokoli, pir, stroberi, mentimun, seledri dan pepaya.

9. Minyak Zaitun

Benarkah Meminum Minyak Zaitun Bisa Mengobati Vertigo?
Image: Halodoc

Bagi penderita asam urat sebaiknya ganti minyak makan Anda dengan minyak zaitun. Minyak zaitun dianggap lebih sehat karena mengandung antioksidan tinggi dan bersifat anti inflamasi.

Minyak zaitun mengandung asam lemak jenuh bisa membantu tubuh menurunkan kadar asam urat yang terlalu tinggi.  Minyak zaitun bagus dikonsumsi pagi atau malam sebelum tidur dengan dosis yang normal.

10. Makanan yang Kaya Vitamin C.

5 Manfaat Sehat yang Bisa Diperoleh dari Buah-Buahan Khas Negara Tropis |  merdeka.com
Image.Merdeka.com

Salah satu cara untuk menurunkan kadar asam  urat tinggi adalah dengan cara rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Vitamin sangat bagus untuk menghancurkan asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh.

Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti: kiwi, jambu, jeruk, lemon, tomat dan sayuran hijau.

11. Cuka Apel

Cuka Apel: Manfaat, Cara Pakai, Efek Samping, dll
Image: DokterSehat

Cuka apel bisa juga digunakan untuk mengatasi asam urat tinggi. Cuka apel bisa ditambahkan 3 sendok teh ke dalam satu gelas air dan bisa di minum 2 sampai 3 kali sehari. Minum cuka apel setiap hari mampu mengatasi asam urat yang tinggi.

12. Buah Bery

Agar Kadar Asam Urat Tetap Normal, Konsumsi 10 Makanan Enak Ini
Image: Detik.com

Buah bery seperti strobery, blueberry dan blackbery bisa menjadi penurun asam urat yang sangat bagus untuk dikonsumsi setiap hari.

Buah bery bersifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk menekan peradangan (inflamasi) pada sendi serta mencegah tingginya kadar asam urat di dalam darah.

13. Buah Chery

Buah Ceri Mengurangi Resiko Asam Urat Artikel Kesehatan

Buah cery mampu menurunkan resiko serangan asam urat sebesar 35 % jika dikonsumsi secara berturut-turut selama dua hari.

Bagi penderita asam urat yag mengkonsumsi obat allopurinol, kombinasi obat dan buah chery mampu menurunkan asam urat resiko asam urat sebesar 75 %.

Chery sangat bagus untuk menurunkan asam urat karena mengandung zat anti inflamasi yaitu antisianin yang bisa membantu mencegah pengkristalan yang mengendap pada persendian.

Cery juga mampu menetralkan asam dan membantu mencegah peradangan dan nyeri.

14. Kuaci

Cari Cemilan Sehat Nggak Bikin Gemuk, Kuaci Bisa Jadi Solusinya
Image: DetikHealth

Kuaci merupakan snack yang asyik untuk dikonsumsi. Bagi penderita asam urat disarankan rajin mengkonsumsi kuaci. Kuaci mengandung asam folat yang dapat membantu tubuh menurunkan asam urat secara alami.

15. Ikan Salmon

Jenis Ikan yang Boleh Dikonsumsi untuk Penderita Asam Urat | Kabar Tangsel
Image: Kabar Tangsel

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 sangat bagus dikonsumsi oleh penderita asam urat. Ikan salmon bisa membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Bagi Anda yang menderita asam urat dianjurkan tidak memilih ikan tinggi omega-3 lain seperti ikan sarden atau ikan makarel karena dianggap mengandung purin tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *