Bagaimana Cara Mengetahui Cara Belajar Anak supaya Cepat Menyerap Informasi

 

Yuk Ketahui Lebih Detail Tentang 5 Jenis Gaya Belajar Anak!

Menurut Bobby De Potter dan Herracki secara umum gaya belajar anak terbagi tiga yaitu: Audio, visual dan Kinestetik.

Ada beberapa anak yang cara belajarnya sambil duduk diam dan memperhatikan. Ada anak belajarnya tidak fokus, tidak memperhatikan apa yang diajarkan.

Ada juga anak yang cara belajarnya sambil jalan kesana kemari, main-main kesannya tidak serius dan terlihat asal-asalan.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan cara belajar mereka, semua punya gaya dan karakter masing-masing.

Terkadang kita orang tua ataupun pendidik kerap memaksakan anak harus duduk diam selalu  mendengar dan memperhatikan apa yang diajarkan. Akibatnya anak merasa bosan dan merasa dipaksakan.

Kita sebagai orang tua maupun pendidik dalam mengajarkan anak perlu tahu. Bahwa gaya belajar anak sangat berpengaruh terhadap kecepatan otak dalam menangkap dan mencerna informasi. Sehingga belajar menjadi menyenangkan, maksimal dan efisien.

Adapun cara belajar yang perlu diketahui orang tua dan pendidik pada saat mengajar si anak diantaranya:

  1. Cara Visual ( Melihat)

Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik. Anak Termasuk Mana?

Pengalaman saya mengajar, ada anak yang cara belajarnya suka membaca, melihat langsung, mewarnai atau menandai bagian yang dianggap penting bahkan ada yang senang menggunakan media gambar.

Sebenarnya ini menunjukkan kalau anak tersebut pola belajarnya dengan cara visual atau melihat.

Hal ini bisa ditandai dari cara belajarnya yang suka membaca sendiri atau menandai dengan pensil warna hal yang dianggap penting.

Ciri lain yang bisa dilihat dari anak yang cara belajarnya visual adalah umumnya terlihat rapi  dan teratur, memiliki tulisan yang indah dan rapi. Lebih mudah memahami apa yang dilihat daripada yang di dengar.  Tipe visual tergolong pembaca cepat dan berbicara dengan tempo cepat.

 

  1. Audio ( Mendengar)

Memahami Tiga Gaya Belajar Anak - Mommies Daily

Ada anak didik saya paling suka dibacakan dongeng terutama dalam bahasa Inggris, setelah itu dia menghafal semua isi cerita tersebut tanpa tertinggal satu katapun termasuk titi dan koma.

Saat kita berbicara atau menjelaskan dia tidak memperhatikan terkesan cuek. Bahkan kita bisa saja berpikir bahwa ini anak tidak serius.

Sebenarnya ini termasuk anak yang gaya belajarnya audio, dimana kemampuan anak lebih kuat dari apa yang didengar ketimbang yang dilihat.

Anak seperti itu cenderung menyerap informasi dari suara. Meskipun si anak terkesan cuek atau tidak fokus. Justru yang bekerja menangkap informasi adalah pendengarannya yang disampaikan dari berbagai suara.

Anak yang cara belajarnya audio umumnya lebih cenderung duduk diam sambil mendengar. Kemampuannya lebih diingat dari apa yang di dengar.

Anak audio sulit dalam hal visual, mudah terganggu dengan kebisingan, sensistif terhadap bunyi seperti nada, irama dan suara asing.

Daya ingat dan hafalannya  lebih kuat, biasanya sulit menulis tapi suka bercerita.

Artikel terkait: Mari Mengenal Tipe Anak: SENSING, INSTING, THINKING, FEELING dan INTUITING

  1. Kinestetik ( Bermain)

Visual, Auditori, Kinestetik. Yang Mana Gaya Belajar Kamu?

Bukan hal asing jika ada anak ketika belajar suka lompat-lompat, jalan-jalan kesana kemari. Duduknya tidak pernah diam kadang goyang-goyang kaki, mainin alat tulis, celingak celinguk bahkan suka usil dan mengganggu.

Jangan kesal, ini tipe anak yang gaya belajarnya kinestetik dimana belajarnya lebih banyak bermain atau lebih banyak melibatkan gerakan.

Justru pada saat mereka bergerak sistem sarafnya sedang bekerja mengirim informasi melalui gerakan.

Anak kinestetik cara belajarnya lebih ke praktik, hal-hal yang banyak melibatkan gerakan tubuh. Lebih Senang menggunakan Bahasa isyarat daripada berbicara.

Umumnya mereka tidak bisa diam dalam waktu lama, belajar sambil berjalan sudah menjadi kebiasaan  ataupun memainkan jari sebagai petunjuk.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *