Mengintip Pola Makan dan Gaya Hidup Masyarakat Negara Paling Rendah Angka Penderita Diabetesnya

Hari Diabetes Sedunia, WHO sebut 6 Persen Populasi Global Mengalaminya |  Suara.com | LINE TODAY

Diabetes salah satu penyakit mematikan yang paling sering kita jumpai di kalangan masyarakat.

Menurut WHO diabetes termasuk penyakit paling mematikan dalam urutan ke tiga setelah penyakit stroke dan penyakit jantung.

Dahulunya diabetes termasuk penyakit keturunan, dimana hanya di derita oleh orang dari keluarga yang memiliki riwayat diabetes.

Sekarang penderita diabetes bisa dialami oleh siapa saja tidak hanya   menyerang orang dewasa  dapat juga menyerang anak-anak. Hal ini disebabkan pengaruh gaya hidup dan pola makan masyarakat pada saat ini.

Secara umum diabetes bisa dibedakan dalam dua golongan yaitu Diabetes insipidus dan Diabetes mellitus.

Diabetes insipidus adalah tipe diabetes yang bisa ditandai dengan seringnya buang air seni dan rasa haus yang berlebihan sehingga mempengaruhi konerja ginjal terhadap urin yang menyebabkan komplikasi.

Sedangkan diabetes mellitus penyakit gula yang disebabka adanya kelainan hormon, dimana tubuh tidak bisa menghasilkan insulin yang menyebabkan gula darah tinggi sehingga menyebabkan kematian.

Baca Juga: https://www.uchay.com/kenali-gejala-diabetes-dan-bagaimana-cara-mencegah-serta-mengatasinya/

Penyakit diabetes paling tinggi menyerang negara-negara Asia, terutama Cina dan India.  Sementara Indonesia menduduki urutan ke enam.

Indonesia tergolong penderita diabetesnya  masih terbilang tinggi, kita patut iri dengan negara yang mampu menekan angka penderita diabetes menjadi sangat rendah.

Adapun negara yang memiliki angka diabetes paling rendah di dunia diantaranya:

  1. Greenland

Greenland merupakan negara kecil di Amerika Utara yang dikelilingi laut dan bebatuan es.  Masyarakat negara tersebut umumnya mengkonsumsi makanan berupa ikan dan sayur.

Masyarakatnya sering bermain dan beraktivitas di luar rumah. Mereka senang berseluncur dengan es dan  gemar memancing. Aktivitas pada musim dingin punya pengaruh menurunkan resiko diabetes.

2. Gambia

Gambia negara kecil yang terdapat di benua Afrika. Masyarakat Gambia umumnya hidup dari bercocok tanam, mereka lebih banyak menghabiskan waktu bekerja di sawah atau di ladang sebagai petani.

Masyarakat Gambia rajin mengkonsumsi makanan yang kaya serat berupa pure tomat, daging pedas, kentang yang dilumatkan serta kacang-kacangan yang diolah menjadi bubur dan di konsumsi bersama yogurt.

Perpaduan aktifitas phisik di luar rumah dan kebiasaan makan makanan yang kaya serat memberi pengaruh masyarakat Gambia rendah angka penderita Diabetes.

3. Zimbabwe

Zimbabwe salah satu negara Afrika yang memiliki taraf ekonomi yang sangat rendah.Penduduknya umumnya bekerja sebagai petani dan paling banyak beraktivitas di luar rumah dan gemar berolah raga seperti sepak bola.

Disamping itu masyarakat Zimbabwe rajin berkonsumsi biji-bijian berupa gandum giling, sayuran hijau serta saus kacang dan tomat.

Masyarakat Zimbabwe jarang makan di luar rumah umumnya makan bersama keluarga, mungkin kebiasaan ini yang membuat masyarakat Zimbabwe terhindar dari diabetes.

4. Benin

Benin salah satu negara Afrika Barat yang memiliki angka diabetes paling kecil di dunia. Aktivitas masyarakat umumnya adalah berburu, olahragawan dan pemain sirkus.

Ketiga aktivitas tersebut tentu saja sangat banyak menguras phisik yang bisa mencegah munculnya penyakit diabetes.

Masyarakat Benin punya kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat berupa biji-bijian dan sayuran yang biasa dimakan dengan saus tomat, kacang, terong dan merica.  

Benin tergolong negara miskin yang dimana tingkat kesehatannya masih sangat minim, membuat negara ini salah satu negara memiliki harapan hidup sangat rendah sekitar 59 tahun.

5. Burkino Fase

Burkino Faso salah satu negara di Afrika Barat dan tergolong negara miskin. Makanan utamanya adalah pasta dari tepung jagung yang dimakan dengan saus kacang.

Masyarakat negara ini jarang mengkonsumsi daging, karena mereka punya kepercayaan bahwa hanya dipersembahkan untuk dewa.

Masyarakat Burkino Fase umumnya bekerja sebagai petani atau peternak. Aktivitas phisik dan keterbatasan ekonomi membuat angka diabetes di negara ini sangat rendah.

6. Pantai Gading

Pantai Gading juga termasuk negara Afrika Barat, meskipun negara miskin namun negara ini termasuk negara yang taraf ekonominya lebih baik dibandingkan negara Afrika lain.

Makanan utama masyarakat Pantai Gading berupa beras, biji-bijian, ubi, sayur dan ikan.

Makanan yang dimakan masyarakat Pantai Gading umumnya rendah kolesterol dan gula. Oleh sebab itu masyarakat negara tersebut cenderung bebas diabetes.

7. Tanjung Verde

Tanjung Verde negara di Afrika yang terletak di perairan Atlantik. Masyarakat negara ini makanan utamanya berupa jagung, kacang-kacangan, sayuran dan daging.

Masyarakat Tanjung Verde umumnya mengkonsumsi roti dan olahan jagung. Faktanya jagung merupakan makanan yang indeks glikemiknya rendah yang berperan menekan lonjakan gula darah.

8. Guinea

Guinea salah satu negara miskin di Afrika. Karena taraf ekonominya yang sangat rendah masyarakatnya hampir tidak makan, sebagian besar hanya makan sekali.

Kebiasaan makan yang tidak mencukupi memicu terjadinya gizi buruk atau malnutrisi.

Kondisi seperti ini tentu saja sangat menekan angka diabetes bahkan hampir tidak ada.

9. Guinea Bissau

Guinea dan Guinea Bissau adalah negara yang berbeda terdapat di Afrika Barat. Makanan utama masyarakat di sana adalah jagung yang dikeringkan.

Jagung termasuk makanan kaya karbohidrat yang indeks glikemiknya rendah dan tidak menimbulkan lonjakan gula dalam darah.

Angka diabetesnya mungkin rendah, namun negara yang satu ini rawan penyakit malaria dan tuberkolosis yang membuat angka harapan hidup di negara tersebut sangat rendah.

10. Liberia

Liberia sebuah negara yang sangat kuat patrilineal dimana wanita harus mengurus rumah, memasak, mengurus anak. Sedangkan pria berkewajiban mencari rizki bekerja di perkebunan di  ladang dan sawah.

Persediaan air di negara tersebut masih sangat kurang. Masyarakat Liberia harus berjalan kaki dalam daya tempuh yang sangat jauh.  Terkadang mereka harus berjalan jauh sambil menggotong puluhan liter air.

 Aktivitas fisik yang sangat berat yang dilakukan kaum pria dan wanita warga Liberia tentu saja menjadikan Warga Liberia menjadi negara yang angka diabetesnya paling rendah di dunia.

Bisa disimpulkan bahwa penyakit Diabetes bisa dicegah atau dihindari dengan cara menjaga pola makan dan mengatur gaya hidup. Hindari makan makanan yang tinggi karbohidrat secara berlebihan, serta banyak melakukan aktifitas phisik untuk mencegah penumpukan gula dalam darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *