Mengungkap Rahasia Umur Panjang di 10 Negara Memiliki Predikat Usia Terpanjang Dunia

6 Rahasia Panjang Umur dari Berbagai Negara - Cantik Tempo.co
Foto: Tempo.co

Memiliki umur panjang adalah sebuah anugerah, keinginan memiliki umur panjang sering diungkapkan di setiap doa dan pengharapan.

Meskipun kita semua percaya bahwa usia berada di tangan tuhan, tidak ada salahnya sebagai manusia kita berusaha berbagai upaya supaya hidup sehat.

Ada beberapa negara yang penduduknya memiliki usia rata-rata lebih panjang dibanding negara-negara lain. Dari sekian negara hanya 10 negara yang memiliki harapan hidup yang tinggi.

Tentunya semua itu dipengaruhi oleha pola hidup dan tingkat kesejahteraan yang bagus di negara itu sendiri.

 Adapun negara-negara yang masyarakatnya memiliki umur panjang diantaranya:

  1. Jepang
5 Negara Ini Punya Penduduk Paling Panjang Umur - Bisnis Liputan6.com
Foto: Liputan6.com

Jepang termasuk negara yang penduduknya memiliki umur panjang. Masyarakat Jepang rata-rata berusia 84-100 tahun. Terutama di Okinawa umumnya penduduk di kota ini memiliki usia rata-rata diatas 100 tahun.

Faktor yang membuat masyarakat Okinawa berumur panjang adalah pola hidupnya yang bisa dikatakan sehat. Masyarakat Okinawa gemar mengkonsumsi makanan lokal seperti tahu, ubi jalar dan ikan-ikan kecil. 

Mereka juga punya tradisi diet yang dikenal dengan Hara Hachi-Bu yaitu sebuah tradisi pembatasan kalori yang bikin panjang umur dan awet muda.

Faktor lain yang membuat masyarakat Okinawa sehat dan berumur panjang adalah memiliki rasa sosial yang tinggi. Mereka gemar bersosialisasi dan menjunjung tinggi rasa kebersamaan.

2. Italia

8 Negara dengan Penduduk Paling Panjang Umur - Bisnis Liputan6.com
fOto: Liputan6.com

Italia salah satu negara penduduknya memiliki usia panjang, terutama kota Sardinia. Kota Sardinia merupakan pulau yang terdapat di laut Mediternia, dimana penduduknya bisa dikatakan punya harapan hidup yang tinggi.

Umumnya masyarakat di sana berusia seratus tahun lebih. Faktor utama yang membuat masyarakat Sardenia berumur panjang karena peranan genetik dan rajin minum segelas anggur setinggi dua jari setiap hari.

Pola hidup bebas stres juga menjadi salah satu pendukungnya. Mereka cenderung dekat dengan alam dan mengkonsumsi makanan alami.

Bahkan ada ungkapan “ kami tidak perlu berpikir makanan sehat, kami makan apa yang kami miliki dan itu sehat”.

3. Kosta Rika

Penduduk di 5 Negara Ini Punya Rata-Rata Umur yang Panjang Banget!
Foto:TEEN.CO.ID

Kostarika umumnya masyarakat di negara ini memiliki alasan hidup yang cukup tinggi terutama kota Nicoya.  Nicoya salah satu kota yang memiliki harapan hidup tinggi dikenal dengan istilah “pla de vida”

Umumnya masyarakat Nicoya memiliki pandangan hidup yang positif, mereka senang tertawa, mendengar dan menjalin hubungan keluarga yang erat. Tradisi berkunjung kerumah tetangga dan kerabat disana masih kerap dilakukan.   

Masyarakat Nicoya senang beraktivitas di luar rumah, melakukan pekerjaan phisik dan menikmati matahari.

Disamping itu mereka juga rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, biji-bijian, susu dan sayuran. Uniknya mereka memilih makanan ringan untuk makan malam.

4. Amerika Serikat

10 Negara Ini Punya Penduduk Paling Panjang Umur Sedunia, Berminat Pindah?  - Beauty Fimela.com
Foto: Fimela.com

Amerika Serikat termasuk negara yang penduduknya memiliki umur panjang.  Kota Loma Linda adalah salah satu kota yang terletak di California AS. Umumnya masyarakat di sana hidup satu dekade lebih lama dari kebanyakan orang.

Masyarakat di kota tersebut umumnya kuat beragama, mereka selalu menjaga kesehatan dengan cara rajin berolah raga dan menjalani pola hidup sehat.

Selain menjalani pola makan vegetarian, mereka juga tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok. Menjalin hubungan sosial yang kuat salah satu faktor masyarakat di sana memiliki umur panjang.

5. Yunani

Baśniowe San Marino
Foto: Ina Hemas

Negara Yunani termasuk negara yang masyarakatnya berumur panjang.  Khususnya Ikaria merupakan sebuah pulau di Yunani yang terletak di laut Agean. Umumnya usia mereka melewati Sembilan puluh tahun.

Masyarakat Ikaria memiliki kebiasaan hidup sehat seperti bergerak aktif dan menjalin ikatan keluarga yang kuat.

Orang Ikaria aktif berinteraksi dengan tetangga dan ikut serta membesarkan cucu serta menjalankan bisnis.

Umumnya masyarakat di sana terutama para lansia ikut serta dalam setiap kegiatan dan bebas stres.

6. Hongkong

hong-kong - Phinemo.com
Foto: Phinemo:com

Rata-rata penduduk di negara Hongkong berusia 84 tahun, menurut jurnalis kesehatan faktor yang membuat masyarakat Honggkong berusia panjang karena ritual tradisional  yang dikenal dengan Tai Chi sangat berpengaruh pada panjang usia.

Masyarakat Hongkong terkenal sebagai pekerja keras dan rajin mengkonsumsi makanan sehat berupa herbal.

7. Spanyol

Contek Rahasia Panjang Umur dari 5 Negara di Dunia
Foto: Trubus.id

Spanyol salah satu negara yang warganya memiliki harapan hidup yang besar. Usia penduduknya rata-rata 82 tahun. 

Mereka memiliki kebiasaan hidup sehat, makanan yang mereka konsumsi berupa sayuran, anggur, dan minyak zaitun.

Masyarakat di sana memiliki kebiasaan tidur siang, jadi lebih rileks dan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Umumnya mereka suka berjalan kaki dibandingkan berkendara.

8. Singapura

10 Negara Ini Memiliki Penduduk Paling Panjang Umur - Wow Menariknya

Penduduk Singapura tergolong memiliki umur panjang, rata-rata umur masyarakatnya 83 tahun dan memiliki tingkat kematian yang relatif rendah.

Faktor yang mempengaruhi salah satunya adanya pelayanan kesehatan yang tergolong bagus dari pemerintah.

Lingkungan di negeri ini sangat mendukung masyarakatnya untuk sehat, bahkan pemerintah menyediakan taman-taman yang dirancang khusus bisa berperan sebagai terapis supaya masyarakatnya bebas stres. Sekaligus meningkatkan kesehatan mental orang tua.

Masyarakat Singapura tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol karena pajak untuk keduanya sangat mahal.

9. Swis

Lungern, Swiss - Windows LockScreen
Foto: Windows LowScreen

Swis merupakan negara terkaya di Eropa dan memiliki alam yang sangat mempesona. Penduduknya diketahui memiliki umur panjang rata-rata berusia 81 tahun.

Tentu saja faktor utamanya di pengaruhi oleh fasilitas kesehatan yang bagus, kemanan dan kesejahteraan hidup yang tinggi.

Orang Swiss rajin mengkonsumsi keju dan susu, merupakan faktor menjadikan masyarakat di sana berusia lebih panjang.

Swis memiliki alam yang cantik, masyarakatnya lebih senang menghabiskan waktu beraktivitas di luar dan senang berwisata untuk menghilangkan stress.

10. Israel

Terungkap, Ini Ternyata Rahasia Panjang Umur Orang-orang Yahudi -  Boombastis.com | Portal Berita Unik | Viral | Aneh Terbaru Indonesia
Foto: Boombastis.com

Israel merupakan negara yang sistem kesehatan dan nilai budayanya sangat tinggi di dunia. Tentu saja hal ini salah satu alasan negara ini termasuk dalam daftar negara yang penduduknya berumur panjang.

Masyarakat Yahudi punya kebiasaan berjemur di bawah sinar matahari sambil bersepeda atau berlari di sepanjang pesisir pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *