Sudah Benarkah Kita Menggunakan Sumpit, Cara Penggunaan Sumpit Yang Salah dan Kurang Sopan

 

Bagi kamu pecinta kuliner Jepang, Cina dan Korea sumpit bukanlah benda asing bahkan  sudah jadi alat makan wajib. Meskipun kita tahu cara memakainya tapi ada beberapa aturan yang harus kita ketahui cara menggunakan alat makan yang satu ini.

Sumpit merupakan alat makan khas orang Jepang, Cina dan Korea. Seiring menjamurnya restoran atau rumah makan Cina, Jepang dan Korea tentunya menggunakan sumpit sudah jadi suatu keharusan.   Rasanya aneh saja jika makan makanan Jepang, Korea dan Cina tanpa menggunakan sumpit.

Memakai sumpit sesuai selera kita adalah hal yang wajar jika kita makan dalam acara Informal seperti dengan keluarga atau teman-teman.

Tapi jika kita bertandang ketiga negara tersebut misalnya saat berwisata, atau ada undangan makan formal dari pihak negara tersebut.  Tentu kita harus  aturan makan di negara tersebut, salah satunya adalah cara menggunakan sumpit.

Apakah cara  kita menggunakan sumpit selama ini sudah tepat?  ada beberapa hal yang tabu tidak boleh dilakukan pada saat menggunakan sumpit diantaranya adalah:

1. Memasukkan sumpit untuk melihat Isi Sup (SAGURI BASHI).

Saat kita dihidangkan semangkuk sup, janganlah memasukkan sumpit ke dalam mangkuk  Jika hanya sekedar untuk melihat isi daripada sup tersebut.

Kita dianggap tidak sopan karena terkesan memilih-milih makanan dan kurang menghargai orang yang menyajikan hidangan tersebut.

Menempelkan sumpit ke makanan dengan tujuan menjelajahi atau menyeleksi makanan apa yang dipilih atau diinginkan dianggap  tabu karena dianggap kita sebagai pemilih.

2. Menusuk Makanan dengan Sumpit (SHASHI-BASHI)

Hasil gambar untuk SASHI BASHI
IMAGE: MSN.COM

Shashi bashi dalam bahas Jepang diartikan “to stab” atau menusuk ilustrasinya seakan sedang menusuk. Mengambil makanan dengan cara menusukkan sumpit pada makanan adalah hal yang tabu dan dianggap tidak sopan.

Meskipun beberapa makanan berbentuk bulat agak sulit dimakan menggunakan sumpit dengan cara menusuk tetap  tidak dibolehkan.

3.   Mendirikan Sumpit Diatas nasi (HOTOKE BASHI)

Hasil gambar untuk SASHI BASHI
IMAGE: ikidane nipon

Tindakan ini sangat tabu dilakukan karena menyerupai ritual mempesembahkan hidangan makanan bagi mereka yang telah meninggal. Selain tabu mengingatkan akan prosesi pemakaman

4.   Melayangkan Sumpit diatas hidangan (MAYOI-BASHI)

Hasil gambar untuk mayoi bashi

Saat kita masih bingung belum bisa menentukan pilihan makanan yang akan kita makan, sebaiknya jangan  dulu menggunakan sumpit. Apalagi melayangkan sumpit dari piring yang satu ke piring yang lainnya.

Ini menunjukkan kalau kita terkesan seorang yang rakus, Sebaiknya kita sudah menentukan lebih dahulu pilihan makanan yang mana yang akan diambil sebelum menggunakan sumpit.

5.     Menjilat Sumpit (NEBURI-BASHI)

Gambar terkait
IMAGE: tapatalk.com

Makanan Jepang, Cina dan Korea umumnya berkuah, mengandung saus dan ada cita rasa yang gurih. Sering kali sumpitnya menyerap kuah makanan tersebut.

Untuk itu disarankan jangan menjilat sumpit tersebut. Hal ini dianggap tidak etis dan terkesan jorok apalagi jika sumpit tersebut digunakan lagi untuk mengambil makanan dari piring bersama.

6.    Menarik Piring Atau Cawan dengan Sumpit  (YOSHE-BASHI)

Hasil gambar untuk menarik piring dengan sumpit
IMAGAE: MSN.com

Terkadang tidak sadar memindahkan piring kearah kita dengan cara menariknya menggunakan sumpit. Tindakan ini sebaiknya dihindari karena dianggap tidak sopan.

Tindakan yoshe bashi ilustrasinya serupa kita menarik piring menggunakan sendok ( terlebih jika sumpitnya telah digunakan untuk makan).

Sebaiknya pindahkan piring menggunakan tangan dan dekatkan dengan kita tidak menggunakan sumpit.

7.   Meneteskan Tetesan Kuah atau Saus  (NANIDA-BASHI)

Hasil gambar untuk namida bashi
IMAGE: Japan Info

Saat dihidangkan makanan berkuah, tentunya kemungkinan menetesnya kuah atau saus lebih besar. Apalagi dengan cara menggunakan sumpit berbeda dengan menggunakan sendok.

Hati- hati menggunakan sumpit jangan sampai kuah atau saus dari sumpit kita terjatuh atau menetes ke makanan lain atau dia tas meja. Ini terkesan buruk dan bisa mengotori meja tersebut.

8.  Mengetuk Mangkuk atau piring (TATAKI BASHI)

Jangan mengetuk mangkuk atau piring menggunakan sumpit, apakah itu iseng, bermain musik atau menarik perhatian seseorang.

Ini adalah prilaku yang sangat tidak etis dan tidak bisa diterima dalam budaya Jepang, karena dianggap berbuat gaduh di meja makan

9. Menaruh Sumpit di atas Mangkuk. (WATASHI-BASHI)

Hasil gambar untuk menggigit sumpit
IMAGE: IDN Times

Selesai menyantap hidangan sebaiknya sumpit tidak diletakkan di atas mangkuk, meskipun boleh dilakukan sebaiknya meletakkannya di samping mangku tepatnya pada kertas pembungkus sumpit (hashi bukuto) yang pada awalnya digunakan sebagai pengemas sumpit.

10.  Memberikan  Makanan dari Sumpit Ke Sumpit (HASHI-WATASHI)

Hasil gambar untuk menarik piring dengan sumpit
IMAGE: Kompasiana.com

Memberikan makanan dari sumpit ke sumpit hal ini dianggap sangat tabu Karena tindakan ini menyerupai tindakan yang dilakukan orang di pemakaman.

 

Pada saat pasca kremasi biasanya keluarga dan teman-teman orang yang telah meninggal mengangkat tulang dengan menggunakan sumpit dan menyerahkannya dari satu keluarga ke keluarga lainnya dengan cara hashi watashi

11.  Menahan atau menggigit sumpit (KAMI –BASHI)

Hasil gambar untuk menggigit sumpit
IMAGE: KUMPARAN

Umumnya sumpit terbuat dari bahan kayu. Tentunya menyerap beberapa saus atau kuah yang terdapat pada hidangan jika digigit pastinya ada kelezatan tersendiri. Prilaku ini sebaiknya dihindari karena  dianggap sangat tabu.

 

Demikianlah hal-hal yang perlu dihindari saat makan menggunakan sumpit, Jangan sampai kita malu dan kehilangan harga diri hanya karena salah menggunakan sumpit. Terlebih lagi pada saat jamuan makan acara formal.

Pada saat bersama kawan atau keluarga mungkin kita bisa lebih rilex tanpa harus terikat dengan aturan yang bisa membuat semangat makan jadi terganggu.

 

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *